Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini merupakan kebiasaan baru yang akan kita jalani selama masa pandemic. Adaptasi kebiasaan baru adalah cara kita merubah perilaku, gaya hidup, dan kebiasan. Adaptasi kebiasaan baru bisa berjalan secara efektif jika kita mau menaati dan konsisten dengan protokol kesehatan yang ada. Perubahan perilaku merupakan hal yang sangat penting untuk menekan penyebaran Covid-19. Wabah Covid-19 tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan, tetapi juga aspek kemanusiaan, sosial, dan ekonomi secara lebih luas.

Semakin meluasnya dampak wabah ini, perlu disikapi dengan percepatan peningkatan pengetahuan masyarakat untuk mengatasi potensi risiko dan ancaman masalah kesehatan, agar masyarakat mampu mengambil langkah tepat dan cepat untuk melindungi diri dari Covid-19. Adaptasi kebiasaan baru ini dilakukan pada sektor atau bidang penting seperti rumah ibadah, pasar atau pertokoan, perkantoran, transportasi umum, hotel, dan restoran, serta dilakukan saat wilayah sudah menjadi zona aman (zona hijau) yang dihitung berdasarkan data dan fakta di lapangan.

Ketika pelonggaran mulai berlaku, kita tetap harus melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak ideal, rajin mencuci tangan dengan sabun, olahraga teratur, dan jaga asupan gizi. Selain itu, perhatikan juga situasi dan kondisi tempat bekerja, sejauh mana kegiatan daring (online) bisa didahulukan daripada luring (offline). Jika terpaksa harus tetap bekerja di kantor atau harus melakukan kegiatan luar ruang, ingat:

  1. Saat kembali ke rumah, jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri. 
  2. Segera mencuci pakaian dan masker dengan deterjen, jangan biarkan tersimpan menggantung dalam waktu lama.
  3. Bersihkan handphone, tas, benda lain dengan disinfektan. 
  4. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan asupan yang bergizi serta istirahat cukup.
  5. Jaga kesehatan mental dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga.

Masyarakat diwajibkan untuk tetap menerapkan protocol kesehatan. Sehingga kita tetap bisa produktif dengan tetap mencegah terjangkit virus corona. Diharapkan segala lapisan masyarakat bisa memahami dan menjalankan tatanan hidup baru ini dengan sebaik-baiknya agar kita bisa tetap beraktivitas normal (dengan kebiasaan yang baru) dan terhindar dari penyebaran virus corona.