Kecacingan salah satu masalah Kesehatan masyarakat. Kecacingan merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit berupa cacing. Kelompok umur yang paling rentan terinfeksi cacingan adalah anak-anak.

Kecacingan dapat mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan, gizi, kecerdasan, anemia, gangguan tumbuh kembang, gangguan perkembangan kognitif, berat badan rendah dan produktivitas penderita. Kecacingan dapat ditularkan melalui berbagai cara, salah satunya melalui makanan atau minuman yang tercemar telur cacing atau melalui tanah.

Dalam rangka Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan, Anak Indonesia Bebas Kecacingan, Puskesmas Tanjungpinang bekerja sama dengan Lintas Program dan Lintas  Sektor  seperti Posyandu, TK Paud dan Sekolah Dasar  yang ada di wilayah Kerja Puskesmas Tanjungpinang. Pemberian Obat Cacing Massal ini bertujuan untuk menurunkan angka prevalensi kecacingan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah melalui pemberian obat cacing terintegrasi.

Obat yang digunakan dalam pelaksanaan Program ini adalah Albendazole. Albendazole tidak hanya membunuh cacing dewasa namun juga menghancurkan telur dan larva cacing. Selain itu obat ini juga aman dan tidak menimbulkan efek samping. Pemberian obat cacing sebaiknya dilakukan dua kali dalam satu tahun baik melalui Program Pemerintah ataupun dilakukan secara mandiri oleh masyarakat.

Diharapkan dalam jangka pendek maupun jangka panjang Program ini bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan produktif. Juga dapat menurunkan prevalensi kecacingan, melalui pengobatan untuk mencegah dampak kecacingan (Persistent Malnourish à Stunting), serta meningkatnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu Cuci Tangan Pakai Sabun.