Imunisasi anak merupakan upaya memperoleh kekebalan tubuh secara buatan melalui pemberian kuman hidup yang dilemahkan atau bagian tubuh dari kuman untuk membentuk antibodi. Imunisasi untuk melindungi anak terhadap penyakit tertentu yang dapat dicegah dengan pemberian imunisasi, sehingga angka kejadian penyakit tersebut dapat dikurangi, dan diharapkan dapat membasmi penyakit tersebut secara menyeluruh.

Masa Pandemi Covid-19 berdampak pada cakupan imunisasi yang rendah sehingga perlu dilakukan imunisasi tambahan sebagai langkah percepatan untuk mencegah potensi Kejadian Luar Biasa Penyakit – penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dilaksankan tanggal 18 Mei 2022 – 18 Juni 2022 meliputi dua kegiatan yaitu imunisasi tambahan pada seluruh anak dan imunisasi kejar untuk anak imunisasi tidak lengkap.

Penanganan dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2022 oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia di gedung daerah, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Riau dan Walikota Tanjungpinang.

Peran masyarakat lintas sector terkait sangat penting dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Sehat Kini dan Nanti Bersama Kita Imunisasi