Masa remaja merupakan masa storm dan stress karena remaja mengalami banyak tantangan baik dari diri sendiri (Biopsychososial Factors), ataupun lingkungan (Environmental Factors). Apabila remaja tidak memiliki kemampuan untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut, mereka akan berakhir pada berbagai masalah kesehatan yang begitu kompleks sebagai akibat perilaku beresiko yang dilakukan.

Puskesmas Tanjungpinang telah membentuk Posyandu Remaja. Posyandu Remaja atau Pos Pelayanan Terpadu Remaja adalah sebuah wadah Pos Kesehatan Remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber yang ditujukan kepada siswa dan remaja pada umumnya. Selain itu, pos pelayanan terpadu remaja berfungsi juga sebagai sebuah wadah untuk memberi remaja kesempatan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya melalui pendekatan terpadu dari segi medis dan agamais.

Tujuan Posyandu Remaja yaitu:

  1. Memberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja
  2. Memberikan pengetahuan pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi dan NAPZA bagi remaja
  3. Menciptakan wadah generasi muda di masing – masing kelurahan sebagai wadah pembinaan dan memahami pentingnya gaya hidup sehat.

Posyandu Remaja (Posrem) yang ada di Puskesmas Tanjungpinang ada 3, yaitu: Posrem Bujang Dara Berseri, Posrem Berkabar (Bersama Remaja Kp. Baru), dan Posrem Edelweis. Kegiatan Posyandu Remaja (Posrem) yaitu Pantau Tumbuh Kembang (Timbang, Tensi, Ukur Lila, Ukur Lingkar Perut, Tinggi Badan), Pembagian Tablet Tambah Darah, Pelatihan Keterampilan Dasar Untuk Remaja, Penyuluhan Kesehatan dan Pengetahuan Umum, Edukasi Remaja dan Senam bersama. Kegiatan Posyandu Remaja dilaksanakan setiap sebulan sekali di setiap Posyandu. Diharapkan melalui kegiatan Posrem ini dapat meningkatkan derajat kesehatan remaja serta menjadi wadah yang positif dalam menuntaskan masalah yang timbul di kalangan remaja.