Penerapan Protokol Kesehatan menjadi kunci penting pencegahan penyebaran COVID-19. Penularan Virus Corona bisa terjadi pada siapa saja dan di mana saja. Oleh karena itu, selalu terapkan Protokol Kesehatan sebagai langkah pencegahan untuk melindungi diri dan keluarga. Saat ini jumlah pasien positif COVID-19 terus bertambah banyak dari hari ke hari.

Guna mencegah penyebaran Virus COVID-19, pasien yang dinyatakan positif COVID-19 diharuskan untuk menjalani isolasi. Isolasi adalah upaya memisahkan seseorang yang sakit yang membutuhkan perawatan COVID-19 atau seseorang terkonfirmasi COVID-19 dari orang yang sehat yang bertujuan untuk mengurangi resiko penularan.

Sesuai Peraturan Walikota Tanjungpinang No.33 Tahun 2021 Tentang Pedoman Isolasi Mandiri Pasien Terkonfirmasi COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan di Kota Tanjungpinang. Pemerintah Kota Tanjungpinang terus menghimbau masyarakat untuk menjalani Isolasi Mandiri bagi yang terkonfirmasi COVID-19 guna menghindari meluasnya penyebaran Virus Corona.

Isolasi Mandiri adalah berada dalam rumah atau fasilitas publik yang disediakan Pemerintah Daerah dan sama sekali tidak kontak dengan orang lain. Fasilitas Publik yang disediakan Pemerintah Daerah untuk Isolasi Terpadu yaitu di Hotel Lohas. Hotel Lohas dijadikan tempat karantina bagi pasien COVID-19 Kota Tanjungpinang yang rumahnya tidak memenuhi persyaratan untuk isolasi dirumah.